Mau Pasang Plafon Akustik? Ini Peralatan yang Harus Kamu Siapkan!

peralatan pasang plafon akustik

Plafon Akustik merupakan salah satu jenis plafon yang dikenal dengan keunggulannya dalam meredam kebisingan yang berasal dari atap. Plafon jenis ini banyak sekali diaplikasikan pada berbagai jenis bangunan, mulai dari rumah, perkantoran, hingga hotel. Tidak cuma itu, keunggulan lainnya dari plafon ini ialah dapat memantulkan panas sehingga ruangan dapat lebih cepat sejuk dan dingin. Cocok sekali diaplikasikan di wilayah beriklim tropis.

Pemasangan Plafon Akustik pada bangunan biasanya dipercayakan pada orang yang sudah ahlinya. Orang-orang ini pastinya sudah memiliki banyak pengalaman dalam memasang plafon, jadi mereka sudah tahu apa saja permasalahan yang sering terjadi pada plafon dan bagaimana cara mencegah dan mengatasinya. Oleh karena itu pekerjaan seperti ini ada baiknya tidak dikerjakan sendiri. Setidaknya kamu bisa minta tolong orang yang paham dengan pemasangan plafon jenis akustik untuk membantumu.

Pemasangan Plafon Akustik

peralatan pasang plafon akustik

Dalam pemasangan Plafon Akustik ada dua macam rangka yang bisa kamu pilih, yaitu berupa rangka kayu dan rangka metal. Fungsi rangka ini adalah agar material plafon dapat terpasang secara kuat. Rangka kayu saat ini mulai jarang digunakan karena bahannya sulit didapat, rentan dimakan rayap, dan pengerjaannya juga lebih banyak memakan waktu. Hal ini yang menyebabkan orang lebih suka menggunakan rangka metal.

Pemasangan jenis rangka metal biasa dilakukan dengan sistem Suspended Ceiling. Kisi-kisi metal digantung dengan menggunakan kawat dibagian bawah atap, lalu kemudian ditutup dengan plafon menggunakan sistem exposed grid. Pengaplikasian penyangga metal furing pada siku metal plafon juga dilakukan untuk memperkuat plafon. Lalu pada tahap akhir, perlu dipasang bracket atau hanger juga supaya plafon tetap kokoh dalam waktu lama.

Peralatan yang Diperlukan Saat Memasang Plafon Jenis Akustik

Adapun peralatan yang harus disiapkan dalam pemasangan plafon jenis akustik, diantaranya sebagai berikut.

1. Meteran

Meteran digunakan untuk mengukur ketinggian plafon yang akan kamu pasang. Panjang meteran bisa mencapai 50 meter. Perlu diingat, kamu harus teliti dalam mengukur ketinggian plafon agar dapat terpasang dengan sempurna. Jangan terlalu rendah dan jangan pula terlalu tinggi, ketinggian plafon yang rendah akan berimbas pada struktur dan desain ruangan.

2. Kawat

Setelah mengukur ketinggian plafon selanjutnya kamu harus membuat kerangka plafonnya, bukan? Nah untuk memasang kerangkanya ini kamu perlu mengaitkannya menggunakan kawat. Kawat juga kemudian digunakan untuk menggantung kerangka plafon pada atap rumah.

3. Gergaji

Gergaji lebih sering dibutuhkan pada pemasangan plafon yang menggunakan rangka berbahan kayu. Tetapi tidak ada salahnya untuk menyiapkan gergaji sebab bisa saja diperlukan.

4. Paku dan Palu

Paku dan palu pasti dibutuhkan dalam setiap kegiatan konstruksi. Keberadaannya sangat diperlukan ketika kamu membuat rangka plafon.

5. Bor Listrik

Kamu akan memerlukan bor listrik ketika hendak memasang plafon pada rangka. Alat ini digunakan untuk menempelkan skrup pada titik-titik sudut plafon agar terpasang dengan kuat.

6. Waterpass

Banyak orang mungkin merasa asing mendengar alat bernama waterpass ini. Dalam bidang konstruksi, waterpass digunakan untuk menentukan sebuah benda ada dalam posisi yang rata, baik pengukuran secara vertikal maupun horizontalnya. Plafon perlu dipasang secara simetris dan rapi, maka dari itu alat ini dibutuhkan. Jika plafon tidak simetris maka rangka plafon berisiko turun dan membuat plafon menggelembung.

7. Kuas Cat

Tahap paling akhir dari pemasangan plafon ialah pengecatan. Kamu pastinya akan membutuhkan kuas atau roller untuk mengecat plafonnya. Maka dari itu  siapkan juga peralatan yang satu ini, ya.

Nah itulah beberapa peralatan paling penting yang harus kamu siapkan sebelum memasang plafon jenis akustik. Sebelum memulai pemasangan plafon, kamu harus ingat bahwa kegiatan ini butuh kerapian dan ketelitian yang tinggi. Jadi jangan ragu untuk meminta dampingan dari orang yang lebih ahli saat mengerjakannya, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *