Pemanfaatan Kaca untuk Dekorasi Kolam Renang

Dekorasi rumah baik interior maupun eksterior selalu menjadi hal yang penting diperhatikan ya bagi para pemilik. Selain untuk menampilkan tampilan terbaik rumah kita, dekorasi tersebut juga menambah nilai sosial di mata teman atapun tetangga. Di jaman serba canggih ini, banyak orang yang lebih memanfaatkan kaca untuk segala dekorasi bangunan, mulai dari rumah, hotel, hingga bangunan perusahaan. Semua penggunaan kaca dalam desain bangunan ini tentunya menambah nilai mewah pada bangunan tersebut, salah satunya pemanfaatan kaca pada dekorasi kolam renang rumah dan hotel berbintang.

Kaca untuk Dekorasi Kolam Renang

 4 Hal Perlu Diperhatikan dalam Pemanfaatan Kaca untuk Dekorasi Kolam Renang

Penggunaan kaca pada dekorasi kolam renang banyak diminati oleh pecinta hal-hal elegan. Dewasa ini banyak yang sudah menciptakan kolam renang dengan nuansa penuh kaca. Kaca yang digunakan biasanya jenis kaca laminated dan kaca tempered. Keduanya memiliki ketahanan yang kuat untuk pondasi yang berbahan dasar kaca. Jenis kaca tersebut mampu menghalau peluru dan kuat terhadap pukulan benda keras sehingga aman digunakan. Namun, sebelum menentukan memilih dekorasi kolam renang dengan kaca atau beton mati, kamu harus memperhatikan 4 hal berikut.

1. Dilihat dari Sisi Kualitas

Beton umumnya menjadi standar bahan yang digunakan dalam kontruksi bangunan. Dilihat dari segi kualitas pun beton cukup kuat. Banyak kita temui penggunaan beton untuk dekorasi kolam renang publik maupun kolam renang rumah. Namun, seiring berkembangnya jaman, kualitas kaca tempered ataupun laminated untuk dekorasi kolam renang juga tidak bisa diragukan lagi. Banyak yang sudah membuktikan kualitas penggunaan kaca pada kolam renang dengan semakin maraknya penggunaan kaca tersebut. Penggunaan kaca pun terbilang cukup mudah dalam segi perawatan dan ketahanan penggunaannya.

2. Dilihat dari Sisi Ekonomi

Kalau ditanya murah pakai beton atau kaca untuk dekorasi kolam renang sebenarnya lebih murah menggunakan beton. Kaca harus dibeli dengan ukuran per meter dengan pengerjaan yang sudah jadi. Sementara beton merupakan campuran beberapa bahan baku yang cukup murah dan mudah didapatkan. Namun, kalian bisa mempertimbangkan penggunaan keduanya. Semisal, kamu akan membuat kolam renang keluarga sederhana dan tidak membutuhkan lahan luas, boleh banget kamu gunakan kaca untuk dekorasinya. Namun, untuk penggunaan lahan yang sangat luas seperti kolam renang publik sebaiknya menggunakan beton saja. Tapi, untuk sektor industri seperti  hotel tentu lebih baik meggunakan kaca tempered atau laminated untuk kesan mewah dan menarik konsumen.

3. Dilihat dari Sisi Keamanan/Ketahanan

Lebih aman pakai beton atau kaca ya untuk kolam renangku nanti? Hmm boleh kok merencanakan dekorasi kolam renang kamu mulai dari sekarang. Kalau dilihat dari segi keamanan, baik memanfaatkan kaca ataupun beton sebagai dekorasi kolam renang sama-sama aman. Keduanya memiliki ketahanan masing-masing terhadap suatu keadaan. Bahkan kamu bisa menggunakan perpaduan keduanya jika kamu merasa nyaman menggunakan kedua bahan tersebut.

4. Dilihat dari Segi Sosial

Jiwa yang meronta-ronta untuk melihat keindahan dekorasi tentunya membuat kita memilih memanfaatkan kaca untuk dekorasi kolam renang. Kenampakan kolam renang yang indah memberikan nilai sosial yang lebih pada pemiliknya, apalagi bagi industri hotel. Kesan mewah yang ditampilkan kolam renang kaca membuatnya lebih diminati daripada penggunaan beton meskipun kaca harus dibeli dengan harga yang lebih mahal.

 

Nah guys, udah tau kan pemanfaatan kaca untuk dekorasi kolam renang itu boleh banget. Semua tergantung pada kebutuhan semua pihak ya. Yang butuh nilai estetika lebih silahkan pakai kaca dan yang butuh hanya untuk keseharian bisa pakai beton saja. It’s your choice?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *