Mengetahui Berbagai Jenis-Jenis Saklar

Jenis-Jenis Saklar

Sakelar merupakan sistem kontrol yang berfungsi dalam menghubungkan atau memutus rangkaian listrik. Jika tidak ada saklar lampu, maka aliran listrik tdak dapat beroperasi. Sakelar terdiri dari dua jenis, yaitu sakelar mekanik dan elektronik. Dimana kedua jenis tersebut masih diklasifikasikan menjadi beberapa macam.

2 Jenis Saklar

1. Sakelar Mekanik

Terdapat kontak fisik pada jenis ini. Untuk mengaktifkannya dengan cara digerakkan, ditekan, disentuh, dan dilepaskan kontaknya.

Berbagai Jenis-Jenis Saklar

  • Single Pole Single Throw

SPST merupaan sakelar ON-OFF dasar yang mempunyai satu kontak input maupun output. Penerapan SPST yaitu membuat ON atau memutus OFF beban.

  • Single Pole Double Throw

Terdapat 3 terminal pada SPDT, diantaranya satu input dan dua output. Di beberapa rangkaiannya, terdapat arus yang menghubungkan input dengan dua output.

  • Double Pole Single Throw 

DPST terdiri dari empat terminal, dua  input dan output. Walaupun posisi ON hanya satu, tetapi bisa mengoperasikan dua kontak bersama-sama. Hal itu dapat menyambungkan input dengan output yang sesuai.

  • Double Pole Double Throw

Jenis sakelar yang terdapat dua posisi ON ini mempunyai 6 terminal, dua input dan empat output. Nantinya dua input akan terhubung ke satu set output dengan posisi yang berbeda.

  • Push Button Switch

Jenis sakelar ini memiliki kontak stationer dan bergerak. Stationer terhubung secara seri, sedangkan kontak bergerak terhubung dengan tombol push. Tombolnya diklasifikasikan ke dalam normally closed, normally open, dan tekan kerja ganda, yang bertujuan untuk mengoperasikan dua rangkaian listrik.

  • Toggle Switch

Sakelar yang digunakan untuk saklar lampu ini mempunyai lebih dari dua posisi tuas. Dalam toggle switch tersedia berbagai ukuran, model, tingkatan, dan bisa diterapkan pada berbagai jenis aplikasi.

  • Pressure Switch

Pressure switch diklasifikasikan menjadi tipe diafragma, metal bellow, dan piston. Simbolnya berbentuk setengah lingkaran yang bagian datarnya menunjukkan diafragma.

  • Temperature Switch

Bimetal strip merupakan elemen panas yang umum dioperasikan sesuai prinsip ekspansi termal. Bimetal trip terbuat dari dua logam berbeda dan saling terikat.

  • Joystick Switch

Sakelar yang digunakan secara manual ini, mempunyai tuas yang bergerak bebas dalam banyak sumbu gerak. Biasanya diterapkan dalam pembuatan mesin, crane, dan kontrol kabel.

  • Rotary Switch

Rotary switch terdiri dari banyak garis yang saling terhubung satu sama lain. Sakelar putar juga memiliki beberapa kontak bergerak dan kontak stationer, yang disusun secara berbeda.

2. Sakelar Elektronik

Untuk mengontrol sirkuti, sakelar elektronik tidak terdapat kontak fisik. Semikonduktor berfungsi mengendalikan sakelar ini.

Berbagai Jenis-Jenis Saklar

  • Transistor Bipolar

Ketika kondisi OFF ia bekerja dengan mode cut-off, sedangkan kondisi ON berada dalam mode saturasi.

  • Dioda Daya

Dioda daya bertujuan untuk mengoperasikan perangkat ke arus dan sambungan yang lebih tinggi. Dioda daya merupakan gabungan semikonduktor tipe P dan N yang membentuk persimpangan PN.

  • Metal Oxide Semiconductor Field Effect Transistor

MOSFET mempunyai tiga terminal, diantaranya Drain, Source, dan Gate. Tegangan akan mengontrol perangkat ini dengan cara mengendalikan input tegangan, ketahanan drain, dan sumber, dimana nantinya status ON/OFF perangkat akan ditentukan.

  • Insulated Gate Bipolar Transistor 

Layaknya MOSFET, IGBT dikontrol oleh tegangan. Untuk menyalakannya yaitu menerapkan tegangan positif antara gate dan emitor. Agar IGBT mati dengan aman, kurangi OFF losses untuk tegangan negatif.

  • Silicon Controlled Rectifier 

SCR digunakan sebagai pengontrol daya yang memiliki kecepatan tinggi. Perangkat searah ini mempunyai tiga terminal, yaitu anoda, katoda, dan gate. Lapisan SCR yaitu dari lapisan P dan N alternatif. Jadi, setiap batas lapisannya akan membentuk persimpangan J1, J2, dan J3

  • TRIode AC

TRIAC merupakan sakelar dua arah, yang juga rangkaian dua koneksi SCR dengan satu terminal gerbang. Saat di puncak positif dan negatif, TRIAC mampu mengontrol daya AC yang berbentuk gelombang tegangan.

  • Dlode AC Switch

Jika tegangan dinyalakan, DIAC akan berada dalam mode forward blocking. Ketika tegangan melebihi tegangan breakover, akan terjadi break avalanche. Pada saat itu perangkat mulai beroperasi.

  • Gate Turn-Off Thyristor

Pada terminal gerbang GTO memiliki simbol panah ganda, yang artinya terdapat aliran dua arah melalui terminal gerbang. Arus positif digunakan untuk menghidupkan ON, sementara pulsa negatif untuk mematikan OFF.

 

Dapatkan harga Saklar terbaik hanya di temtera.com!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *