Jangan Sampai Salah! Inilah Caranya Memasang Pintu Aluminium

Cara Memasang Pintu Aluminium

Saat ini penggunaan bahan untuk pintu sangat beragam. Salah satu bahan pembuat pintu yang banyak diminati adalah aluminium. Dengan adanya pintu aluminium, kamu akan mendapatkan beberapa keunggulan yang lebih banyak bila dibandingkan dengan pintu kayu maupun kaca. Meskipun begitu, kamu harus mengetahui cara memasangnya agar tidak menjadi sebuah kesalahan yang berbahaya. Untuk itu, dalam artikel ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai cara memasang pintu berbahan aluminium yang baik dan benar.

Cara memasang pintu berbahan aluminium

Cara Memasang Pintu Aluminium

Seperti yang sudah kamu ketahui sebelumnya, pintu aluminium memiliki beberapa kelebihan yang lebih menarik bila dibandingkan dengan menggunakan pintu kayu maupun kaca. Dengan bahan aluminium, kamu akan mendapatkan pintu yang terbebas dari rayap. Selain itu, pintu dengan bahan aluminium jauh lebih ringan dibandingkan bahan lain. Bahkan bila dibandingkan dengan kaca, pintu berbahan aluminium jauh lebih tahan terhadap benturan. Dengan berbagai kelebihan tersebut, kamu juga harus memperhatikan cara pemasangannya agar nantinya tidak terjadi kesalahan yang berarti. Inilah panduan lengkap mengenai cara pemasangan pintu berbahan aluminium:

Persiapkan alat dan bahan terlebih dahulu

Langkah pertama sebelum mulai memasang adalah menyiapkan alat dan bahan terlebih dahulu. Kamu harus menyiapkan sealent, semen, sekrup, dan beberapa pernak-pernik lain yang kamu rasa butuh. Selanjutnya, siapkan juga pintu dan kusen dari bahan aluminium yang ingin kamu gunakan. Untuk perlatan yang kamu perlukan antara lain bor listrik dan obeng untuk memasangnya. Bahkan jika diperlukan sediakan juga kikir dan amplas untuk meratakan bagian dinding.

Cara pemasangan

Tahap pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat lubang untuk kusen. Tentunya hal tersebut bertujuan agar pintu bisa terpasang dengan baik tanpa ada yang mengganjal. Langkah selanjutnya adalah memasukan kusen tersebut ke dalam lobang yang telah dibuat tadi. Pastikan lubang tersebut juga tidak terlalu longgar agar hasilnya bisa lebih baik. Ketika kusen sudah masuk dengan benar, buatlah lubang dengan bor pada kusen yang menuju dinding. Nantinya kamu tinggal memperkuat kusen tersebut dengan bantuan sekrup. Langkah terakhir, kamu bisa menggunakan sealent yang berguna untuk memperkuat berdirinya kusen tadi. Selanjutnya agar lebih rapi, kamu bisa memberikan sentuhan tambahan dengan bantuan semen agar nantinya pintu tersebut bisa lebih kuat dan kokoh. Penggunaan semen tadi bertujuan agar pintu tersebut bisa terpasang dengan rapi menyesuaikan dinding di sekitarnya.

Pemasangan pintu berbahan aluminium tentu merupkan hal simpel namun membutuhkan ketelitian yang lebih. Untuk itu, sebaiknya kamu menggunakan jasa pemasang yang profesional atau ahli bangunan yang mumpuni. Dengan begitu, kamu akan lebih tenang dalam memasang pintu dan juga terhindar dari permasalahan lain seperti pintu yang longgar, pintu rusak, atau kerontokan pada dinding. Segala tips dalam artikel ini dibuat berdasarkan cara memasang yang sesungguhnya.

Demikianlah artikel singkat namun sangat berisi mengenai cara memasang pintu berbahan aluminium yang baik dan benar. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu dalam menemukan solusi pemasangan pintu berbahan aluminium yang baik dan benar. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *