6 Kanopi Jendela Rumah yang Unik

Kanopi merupakan kerangka seperti atap yang biasa diletakkan di halaman dengan tujuan melindungi bagian depan rumah serta memberi area yang teduh. Dalam perkembangannya, kanopi tidak hanya dipasang untuk teras rumah, namun sebagai pelindung jendela. Karena mampu menunjang tampilan rumah, maka kanopi jendela terus bermunculan dengan beragam variasinya yang unik seperti kanopi tradisional, beton, ataupun kanopi kaca.

Kanopi Jendela Rumah

Beragam Inspirasi Kanopi Jendela yang Unik

Sebagai bahan referensi, ada beberapa kanopi yang unik dan menarik untuk dicoba sebagai penghias eksterior rumah. Berikut adalah 6 inspirasi kanopi jendela yang unik jika dilihat dari pilihan bahan, bentuk serta modelnya.

1. Berdasarkan Bahannya

Jika dilihat dari bahannya, ada beberapa bahan kanopi yang mampu menghasilkan tampilan unik sebagai penghias jendela. Selain itu, bahan kanopi juga bisa menjadi pilihan daya tahan yang paling dibutuhkan pada jendela yang dimiliki, bahan tersebut meliputi:

  • Kanopi kain, dengan bahannya yang ringan dan memiliki beragam warna sangat memudahkan pengguna untuk memilih desain sesuai keinginan. Misalnya memilih kanopi bermotif garis-garis untuk mendukung desain yang lebih tradisonal. Walaupun bahan ini tidak mampu menahan hujan, namun kanopi berbahan kain cukup efektif melindungi jendela kaca dari panasnya sinar matahari.
  • Kanopi kaca, ciri khas bahan ini yang memiliki sifat transparan¬† terlihat sangat elegan jika digunakan. Kanopi berbahan kaca mampu melindungi jendela dari panas, namun tetap memberi ruang yang luas bagi cahaya untuk bisa masuk ke rumah. Penggunaannya bisa menjadi solusi bagi anda yang memanfaatkan cahaya matahari sebagai penerangan utama dalam rumah.

2. Berdasarkan Bentuknya

Kanopi jendela memiliki banyak variasi bentuk yang bisa digunakan untuk mendukung tampilan eksterior rumah yang lebih menarik. Sementara itu, bentuk kanopi yang unik diantaranya adalah sebagai berikut

Kanopi Jendela

  • Kanopi segitiga, biasanya digunakan pada rumah yang memiliki banyak jendela dengan ukuran kecil. Penggunaan bentuk segitiga ini bisa membuat kesan adanya rumah di dalam rumah, karena bentuknya identik digunakan sebagai atap rumah .
  • Kanopi trapesium, walaupun tidak bisa digunakan untuk semua jenis jendela namun bentuknya sangatlah unik. Bagi jendela yang menjorok keluar rumah bisa dipasang menggunakan kanopi jenis ini, karena kesan 3 dimensi yang ditekankan.

3. Berdasarkan Modelnya

Terakhir adalah pilihan kanopi jendela yang unik berdasarkan model yang digunakan, diantaranya adalah model jendela, dan kerangka. Kedua bentuk ini tidak bisa digunakan sembarangan karena harus menyesuaikan desain rumah ataupun jendela.

  • Model Jendela, memiliki desain yang mirip dengan jendela rumah, yang bisa dibuka tutup dengan cara tertentu. Model ini sangat unik karena bisa memberikan kesan adanya jendela di atas jendela rumah, terlebih jika ukurannya selaras dengan jendela yang dipasangi kanopi.
  • Model kerangka, kanopi ini biasanya menampilkan bentuk kerangkanya yang terlihat jelas dan menggunakan penutup di atasnya. Bahan yang sering digunakan adalah stainless steel sehingga tahan karat dan cuaca ekstrem. Sebagai penambah nilai estetika jendela, biasanya kanopi bentuk kerangka dibuat dengan desain yang unik seperti melingkar ke dalam, sehingga tidak terlihat monoton.

Beberapa variasi di atas, patut anda coba untuk menunjang tampilan rumah yang anti mainstream dan tentunya lebih awet khususnya bagian jendela. Namun, sebelum menerapkan salah satu diantara variasi tersebut, akan lebih baik jika anda berkonsultasi kepada ahlinya mengenai jenis kanopi yang cocok untuk jendela rumah anda. Dengan demikian pilihan anda bisa mendukung desain rumah yang digunakan, seperti kanopi kaca yang sesuai untuk rumah modern.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *